Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin memberikan komunikasi dalam pelayanan antara lain attitude, seperti dengan senyum, ramah, sopan, juga dengan nada bicara yang baik yang menunjukkan antusias. Dengan menujukkan attitude yang baik, maka pelanggan pun akan merasakan pelayanan yang kita berikan adalah baik. Hal ini menunjukkan komunikasi dalam pelayanan yang kita lakukan sudah baik.
Komunikasi terdiri atas 2 cara, yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Secara umum, komunikasi verbal adalah komunikasi secara langsung dan komunikasi non-verbal adalah komunikasi secara tidak langsung atau menggunakan simbol/huruf. Contoh dari komunikasi verbal yaitu ketika bertatap muka langsung kepada lawan bicara atau contoh lainnya karena sudah semakin berkembangnya jaman maka kita bisa menggunakan telephone atau video call. Sedangkan contoh dari komunikasi non-verbal yaitu ketika melakukan SMS atau Chatting.
Dalam berkomunikasi, ada beberapa hal yang dapat menghambat, antara lain:
1. Hambatan Teknis/Mekanis:
Pemanduan dengan menggunkan HT di tempat yang cenderung terbuka dan ramai hanya akan membuat tamu perjalanan wisata merasa kebosanan dan kepanasan karena hanya mendengarkan pemandu wisata bercerita. Belum lagi tidak semua tamu perjalanan wisata dapat mendengarkan pemandu dengan baik hanya dengan menggunakan alat bantu HT.
2. Hambatan Psikologis:
Video tersebut sudah sangat menjelaskan komunikasi yang tidak efektif dikarenakan kondisi psikis lawan bicara yang tidak baik, sehinga tidak merespon komunikator dengan baik. Inilah yang dikatakan sebagai hambatan psikologis.
3. Hambatan Biogenetis:
4. Hambatan Sosiologis:
5. Hambatan Antropologis:
Perbedaan budaya sangat mempengaruhi bagaimana komunikasi akan berlangsung, contohnya adalah dalam video tersebut si laki-laki adalah orang Jepang dan si perempuan adalah asli Indonesia. Budaya orang Jepang lebih terbiasa membungkukan badan sebagai salam, sedangkan budaya Indonesia lebih terbiasa dengan bersalaman, dan seperti itulah yang terjadi..
6. Hambatan Ekologis:
Ada 2 hambatan dalam contoh video tersebut. Pertama, adanya hambatan biogenetis dimana komunikan tidak dapat mendengar. Akan tetapi si komunikan mempunyai suatu alat yang dapat merekam perkataan orang lain (komunikator) sehingga apa yang orang katakan dapat ia baca. Namun hambatan lainnya adalah ketika komunikator ingin menyampaikan suatu pesan, suaranya selalu tertutup dengan suara kereta kemudian suara pengumuman di stasiun yang mengakibatkan komunikasi tidak efektif karena komunikan kesulitan untuk mengetahui pesan komunikator.
7. Hambatan Semantik:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar