Jumat, 23 September 2016

Kepribadian - Part II

Makna kepribadian dalam pelayanan antara lain:
1.       Keinginan yang kuat untuk melayani sesuai dengan bidang masing-masing
2.       Memilik rasa menyenangkan dan mampu memberi kenyamanan terhadap pelanggan/tamu
3.       Menghargai dan menghormati tamu
4.       Rasa tanggung jawab atas apa yang kita kerjakan adalah bagian dari kepuasan tamu
5.       Bekerja mengikuti aturan yang telah ditetapkan
6.       Bangga terhadap diri dan pekerjaan
7.       Ketepatan dan kecepatan pelayanan adalah kepuasan dari tamu
8.       Kerja sama team menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan terhadap tamu
9.       Berbicara secara benar dan bijaksana pada saat situasi yang tepat menjadikan diri menjadi pribadi yang kuat
10.   Menjadikan diri sebagai petugas atau pekerja yang cinta pada pekerjaannya yang memberikan pelayanan maksimum

Manusia dapat berkembang dan hal ini terbentuk seiring usianya dari kecil hingga dewasa. Perkembangan manusia berorientasi pada biologis dan lingkungan. Biologis beracuan pada bakat dan psikofisik, sedangkan lingkungan beracuan pada saat mereka belajar dan pengaruh sosial dari orang sekitar seperti di rumah atau sekolah.

Teori yang mendukung tentang Perkembangan Manusia yaitu:
-          Monks                  : Menjadi seseorang yang tumbuh atas 2 kekuatan yaitu dalam diri dan lingkungan.
-          John Locke          : Anak sejak dini adalah bersih, dan yang mempengaruhi perkembangan seseorang adalah lingkungan.
-          W. Stern              : Kepribadian dari dalam diri seseorang dan lingkungan saling mempengaruhi.

Banyak sekali jenis atau tipologi dari kepribadian, antara lain: Pendiam, Banyak bicara, Tidak sabar, Peragu, Curiga, Sombong, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah Tipologi Kepribadian menurut tokoh:
1.       C.G. Yung:
-          Extrovert
-          Introvert

2.       E. Spranger:
-          Manusia Ekonomi
-          Manusia Politik
-          Manusia Sosial
-          Manusia Seni
-          Manusia Agama
-          Manusia Pengetahuan

3.       Hipocrates:
-          Sanguinis
-          Plegmatis
-          Melankolis
-          Koleris

Ada pula 8 dimensi kepribadian dalam pariwisata menurut Plog:
1.       Petualang
2.       Mencari Kesenangan
3.       Impulsive
4.       Percaya Diri
5.       Kematangan Rencana
6.       Maskulin
7.       Intelektualisme
8.       Orientasi pada manusia

Kesan pertama sangat berpengaruh ketika orang lain ingin mengetahui karakteristik dari kita. Kita pun harus menampilkan diri agar dapat menciptakan kesan pertama atau first impression yang positif di mata orang lain.
Ada pun kita harus mengetahui karakteristik dari wisatawan, antara lain:
1.       Aspek Psikografik             : berdasarkan kepribadian
2.       Apek Demografik             : berdasarkan usia, pendidikan, status sosial dan keluarga
3.       Aspek Geografik               : berdasarkan daerah asal dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar