Produk
wisata adalah produk yang bersifat jasa dan komposit dari beberapa komponennya,
yaitu aksesibilitas, fasilitas wisata, aktivitas wisata, objek dan daya tarik
wisata. Aspek pelayanan berperan sebagai faktor penentu keberhasilan produk
wisata untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para wisatawan atau pengunjung yang
juga merupakan karakteristik khusus dari pelayanan wisata. Tuntutan utama
kepariwisataan antara lain bagaimana para wisatawan bisa datang ke Indonesia
dan bagaimana mereka akan merasa puas dan mau untuk datang lagi ke Indonesia.
Ketika kita
akan memberikan pelayanan pada pelanggan, beberapa hal yang harus diperhatikan
seperti berusaha mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggan dan mengenal karakter
pelanggan tersebut. Dengan begitu, pelanggan dapat mencapai kepuasan dengan
pelayanan yang kita berikan.
Menurut
Endar Sugiarto (1999), Service Excellence in Hospitality yaitu:
1.
Pusatkan perhatian pada pelanggan
2.
Berikan pelayanan yang efisien
3.
Naikkan harga diri tamu
4.
Bina hubungan yang baik dan harmonis dengan
pelanggan
5.
Berikan penjelasan dan informasi sebaik mungkin
6.
Ketahuilah apa keinginan pelanggan
7.
Jelaskan pelayanan apa saja yang bisa diberikan
oleh perusahaan
8.
Alihkan tugas pada yang lebih mampu bila tak
mampu melayaninya sendiri
Sebelumnya
akan dijelaskan apa itu psikologi pelayanan, akan dibahas mengenai apakah itu
Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia,
sedangkan Pelayanan adalah proses interaksi antara seseorang yang berupaya
memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. Jadi, Psikologi
Pelayanan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam proses
interaksi kerja di industri jasa pelayanan. Penting untuk mengetahui mengapa
kita harus mempelajari psikologi ketika kita akan terjun dalam industri
pariwisata. Kita dilahirkan sebagai makhluk sosial yang akan selalu
berinteraksi dengan orang di sekitar. Agar dua individu dapat mengerti apa yang
diinginkan, perlu adanya pemahaman dari kedua belah pihak.
Dengan kita
mempelajari ilmu psikologi, kita menjadi mengerti mengenai perilaku manusia
dalam berinteraksi dengan lingkungan. Ruang lingkup dari psikologi ada 3, yaitu
Aktivitas Kognitif yang berhubungan dengan daya kerja otak, Aktivitas Afektif
yang berhubungan perasaan atau emosi manusia dan yang terakhir adalah Aktivitas
Psikomotorik yaitu yang berhubungan dengan kerja organ tubuh manusia. Dapat
disimpulkan bahwa ada keterkaitan antara Psikologi dan Pelayanan. Dengan kita
mengerti karakter maupun tingkah laku seseorang, maka kita dapat memberikan
pelayanan yang sesuai dan dapat mencapai kepuasan bagi pelanggan.
Maka, singkatan
dari SERVICE (Pelayanan) adalah:
S = Smile
for everyone
E =
Excellent in everything we do
R = Reaching
out to every guest with
V = Viewing
every guest as special
I = Inviting guest to return
C = Controlling
is very important
E = Eye
contact that shows we care
Tidak ada komentar:
Posting Komentar