Sabtu, 10 September 2016

Pelayanan Sebagai Komponen Produk Wisata

Produk wisata adalah produk yang bersifat jasa dan komposit dari beberapa komponennya, yaitu aksesibilitas, fasilitas wisata, aktivitas wisata, objek dan daya tarik wisata. Aspek pelayanan berperan sebagai faktor penentu keberhasilan produk wisata untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para wisatawan atau pengunjung yang juga merupakan karakteristik khusus dari pelayanan wisata. Tuntutan utama kepariwisataan antara lain bagaimana para wisatawan bisa datang ke Indonesia dan bagaimana mereka akan merasa puas dan mau untuk datang lagi ke Indonesia.
Ketika kita akan memberikan pelayanan pada pelanggan, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berusaha mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggan dan mengenal karakter pelanggan tersebut. Dengan begitu, pelanggan dapat mencapai kepuasan dengan pelayanan yang kita berikan.

Menurut Endar Sugiarto (1999), Service Excellence in Hospitality yaitu:
1.       Pusatkan perhatian pada pelanggan
2.       Berikan pelayanan yang efisien
3.       Naikkan harga diri tamu
4.       Bina hubungan yang baik dan harmonis dengan pelanggan
5.       Berikan penjelasan dan informasi sebaik mungkin
6.       Ketahuilah apa keinginan pelanggan
7.       Jelaskan pelayanan apa saja yang bisa diberikan oleh perusahaan
8.       Alihkan tugas pada yang lebih mampu bila tak mampu melayaninya sendiri

Sebelumnya akan dijelaskan apa itu psikologi pelayanan, akan dibahas mengenai apakah itu Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia, sedangkan Pelayanan adalah proses interaksi antara seseorang yang berupaya memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. Jadi, Psikologi Pelayanan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam proses interaksi kerja di industri jasa pelayanan. Penting untuk mengetahui mengapa kita harus mempelajari psikologi ketika kita akan terjun dalam industri pariwisata. Kita dilahirkan sebagai makhluk sosial yang akan selalu berinteraksi dengan orang di sekitar. Agar dua individu dapat mengerti apa yang diinginkan, perlu adanya pemahaman dari kedua belah pihak. 
Dengan kita mempelajari ilmu psikologi, kita menjadi mengerti mengenai perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan. Ruang lingkup dari psikologi ada 3, yaitu Aktivitas Kognitif yang berhubungan dengan daya kerja otak, Aktivitas Afektif yang berhubungan perasaan atau emosi manusia dan yang terakhir adalah Aktivitas Psikomotorik yaitu yang berhubungan dengan kerja organ tubuh manusia. Dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan antara Psikologi dan Pelayanan. Dengan kita mengerti karakter maupun tingkah laku seseorang, maka kita dapat memberikan pelayanan yang sesuai dan dapat mencapai kepuasan bagi pelanggan.

Maka, singkatan dari SERVICE (Pelayanan) adalah:
S = Smile for everyone
E = Excellent in everything we do
R = Reaching out to every guest with
V = Viewing every guest as special
I  = Inviting guest to return
C = Controlling is very important
E = Eye contact that shows we care

Tidak ada komentar:

Posting Komentar